Physical Address

304 North Cardinal St.
Dorchester Center, MA 02124

Anggota Koramil 02/Sorkam Melaksanakan Pendampingan Petani Cabai Di Desa Aek Raso Kec. Sorkam Barat

sinarraya.co.id|Senin 15 Juli 2019, Babinsa Serma Ng. Ardika Juni Andi bersama Mitra Karib PPL An. Syahidatunur Pasaribu dkk 2 orang melaksanakan pendampingan terhadap Petani Cabai di Desa Aek Raso yang pada saat ini kondisinya sedang dalam masa panen tahap Perdana.

Adapun kegiatan awal penanamanan sudah dimulai sejak 3 bulan yang lalu dan saat ini kondisinya siap untuk dipanen (Panen Perdana).

Bahwa dalam kegiatan pengelolaan penanaman dan pemeliharaan tanamanan Cabai tersebut dilaksanakan pada lahan seluas 0,5 Ha.

Dalam tahap penanaman dan pemeliharaannya selama 3 (tiga) bulan telah mengeluarkan dana sebesar Rp. 25 Juta Rupiah dan pada saat ini sedang dilaksanakan panen perdana pada yakni diminggu ke 6 dengan hasil panen rata-rata sebanyak 150 Kg cabai dengan harga pasaran sebesar Rp. 60 ribu atau sebesar Rp. 9.000.000,- Per Minggu.

Adapun usia jangka waktu Panen kedepan berdasarkan nilai perhitungan dari Penyuluh Pertanian Lapangan diperkirakan maksimal hingga 6 (enam) bulan kedepan.

Dengan demikian dapat dipastikan manfaat dan nilai keuntungan kotor dari hasil bertani Cabai bagi pelaku petani cabai yakni dengan perhitungan panen setiap minggu selama 6 bulan kedepan yakni sebesar Rp. 9000.000 X 4 X 6 = Rp. 216.000.000,-.

Maka kegiatan tani dari usaha menanam cabai khususnya di Desa Aek Raso diwilayah Binaan Babinsa Serma Ardika menampakkan keberhasilan, sehingga pada kesempatan tersebut petani cabai an. Sdr. T. Simatupang menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada Babinsa Serma Ardika dan mitra karib PPL Sdri. Syahidatunur Pasaribu.

Dan petani cabai tersebut berharap agar PPL dan Babinsa untuk dapat memberikan penyuluhan dan pembinaan bagi warga tani lainnya yang ingin mencoba dan berkesempatan menanam cabai sebagai salah satu alternatif untuk menambah pendapatan ekonomi.(red)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *